Perbedaan Online Shop, Marketplace & E-Commerce

Dengan semakin berkembangnya teknologi serta berbagai kemudahan yang diberikan oleh internet, transaksi penjualan dan pembelian pun juga banyak dilakukan secara online. Mungkin Om dan tante sering mendengar istilah online shop, marketplace, dan e-commerce. Sebenarnya apa perbedaannya?
Marketplace
Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Salah satu marketplace pertama di dunia yang mempopulerkan marketplace adalah eBay. Dirilis pada tahun 1995, website ini membuat proses penjualan lebih mudah dan efisien. Dua dekade kemudian, kita melihat bahwa marketplace sudah banyak berkembang dan sekarang Om dan tante bisa menemukan marketplace untuk banyak hal mulai dari barang bekas sampai makanan. Di Indonesia sendiri, marketplace menjadi beberapa startup paling sukses di Indonesia, bahkan sudah mencapai status unicorn seperti Bukalapak.

Baca Juga : Informasi Coronavirus (Covid-19) Wilayah Kab. Bogor, Nasional & Global
 

Marketplace sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Kemudian pihak marketplace akan memunculkan barang jualan itu ketika ada calon pembeli yang melakukan pencarian. Jika si calon pembeli memang mau membeli barangnya, mereka bisa melakukan pembayaran melalui marketplace itu sendiri.
Yang berbeda dengan pasar tradisional adalah seorang penjual tidak perlu membayar uang sewa untuk mendapat tempat di marketplace. Ini tentunya menjadi salah satu daya tarik marketplace. Siapa yang tidak ingin berjualan dengan gratis? Mereka hanya perlu mendaftarkan diri dan mereka sudah bisa mulai berjualan.
Lalu darimana sebuah marketplace mendapatkan keuntungan? Kebanyakan, marketplace memanfaatkan fitur premium sebagai cara mencari keuntungan. Contohnya adalah produk-produk yang menggunakan layanan prmote push dari BUKALAPAK agar produknya muncul di bagian paling atas pencarian.
Tidak hanya bukalapak, setiap marketplace sekarang menawarkan jasa iklan. Om dan tante tidak perlu membayar untuk pasang iklan; Om dan tante hanya akan membayar jika ada orang yang mengklik produk yang Om dan tante iklankan tersebut.

Baca Juga : Daftar Produk Arwanajaya Kreasi

Online Shop: Toko Online
Seperti yang bisa Om dan tante lihat dari namanya, online shop mengacu pada berbagai toko yang ada pada platform online. Pada dasarnya, online shop adalah tempat dimana terjadinya suatu transaksi penjualan barang atau jasa di internet. Online shop tidak harus ada pada website. Om dan tante juga bisa membuka toko online di social media seperti Facebook dan Instagram.

Berbeda dengan marketplace, jika Om dan tante berjualan di online shop, Om dan tante akan berhubungan langsung dengan pembeli. Sekarang di Indonesia, ada banyak online shop yang dioperasikan di Instagram. Untuk melakukan pemesanan, Om dan tante bisa menghubungi mereka lewat aplikasi chat seperti WhatsApp Kemudian Om dan tante melakukan pembayaran melalui transfer, kirim bukti pembayaran, dan penjual akan mengirim barang ke alamat Om dan tante.

E-Commerce
Orang mungkin sering menggunakan istilah e-commerce untuk mendeskripsikan marketplace. Padahal mereka berbeda loh! E-commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri. Jadi om dan tante tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti di marketplace. Sebuah brand atau seorang penjual memang membuat sebuah website khusus untuk menjual barang-barang yang dia jual. Selain itu, semua transaksi juga dilakukan melalui website menggunakan shopping cart dan payment gateway.

sumber : Bukalapak.com (@pranashop) 
Salam hangat, Semoga Bermanfaat.

Komentar

TERPOPULAR

Celengan Kaleng Buka Tutup Berkarakter Costum

GUDANG CELENGAN KALENG DAN SOUVENIR BERKARAKTER ARWANAJAYA KREASI

Celengan Kaleng Buka Tutup Polos